Tuesday, April 21, 2009

Pa'piong Masakan ala Toraja

Pa'piong adalah salah satu masakan tradisional asal Toraja. Masakan yang dimasukkan ke dalam bambu. Memang aneh tapi inilah ke unikan dari masakan Toraja. Pa'piong biasanya berisi daging babi, daging kerbau, daging ikan mas namun tidak dicampur satu dengan yang lain. Nantinya daging tersebut dicampur dengan sayur dan bumbu. Untuk sayurnya biasanya orang Toraja menyebut Utan Bulunangko atau sayur bayana, tapi bisa juga menggunakan buah nangka muda atau batang pisang.

Untuk bumbu sayur dicampur dengan garam, jahe, daun bawang dan cabe. Jika daging babi atau daging kerbau biasanya ditambahkan darahnya. Semuanya dicampur baik daging,yang sudah di potong kecil, sayur, dan bumbu. Setelah semuanya tercampur dengan rata, lalu dimasukkan ke dalam tabung-tabung bambu muda yang sudah dipotong sepanjang ruasnya. Selanjutnya, bambu ditutup/disumbat dengan remasan daun pisang lalu dibakar langsung di atas perapian.

Perapian menggunakan sebuah kayu yang agak sulit terbakar dibentangkan melintang yang kedua ujungnya ditopang. Kayu ini berfungsi untuk menyandarkan bambu-bambu tersebut.

Mau mencoba silahkan datang aja ke Toraja, warung-warung di Toraja saat ini menyediakan berbagai macam masakan Pa'piong, dan bisa anda juga temukan di saat pesta adat..




No comments:

Post a Comment